Senin, 15 Juli 2024 | Jam Digital
Home Ekonomi Politik Nasional Regional Hukum Lifestyle Internasional Sport Hiburan Travel Indeks
Follow Us ON :
 
Hadapi Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Wabup Rohil Buka Raker Kesiapan Camat, Lurah dan Datuk Penghulu
Rabu, 02-11-2022 - 19:36:34 WIB
Rapat kerja kesiapan camat, lurah/datuk penghulu dalam rangka menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 tahap ll yang diselenggarakan oleh Kesbangpol secara langsung dibuka Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH,  Rabu (
TERKAIT:
   
 

ROHIL - Rapat kerja kesiapan camat, lurah/datuk penghulu dalam rangka menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 tahap ll yang diselenggarakan oleh Kesbangpol secara langsung dibuka Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH,  Rabu (2/11/2022).

Rapat kerja yang dilaksanakan di salah satu hotel di Bagansiapiapi tersebut juga dihadiri Kaban Kesbangpol Rohil M Fadli, Ketua KPU Rohil Supriyanto, Komisioner Bawaslu Bima, Sekretaris Disdukcapil Rohil, para camat, lurah datin dan datuk penghulu.

Kaban Kesbangpol Rohil M Fadli dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakan nya rapat kerja tersebut merupakan lanjutan dari rapat kerja yang sebelumnya telah  dilaksanakan bagi daerah pemilihan yang rendah partisipasi pemilih nya.

sehingga kami telah dapat mengetahui apa penyebab rendah nya

"Hal ini kita lakukan dalam rangka mencari solusi untuk mengatasi dan mencari solusi persoalan dilapangan atas rendahnya partisipasi masyarakat di beberapa wilayah," katanya.

Untuk jumlah peserta rapat kerja itu sendiri sebutnya, terdiri dari 8 lurah, 77 datin dan datuk penghulu serta para camat yang tingkat partisipasi pemilih nya rendah.

Wabup Rohil H Sulaiman dalam sambutannya mengatakan, adapun tujuan diadakannya kegiatan rapat kerja kesiapan jelang Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2004 tahap kedua adalah untuk mengetahui sudah sejauh mana kesiapan para lurah dan penghulu dalam rangka menghadapi pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Wabup menerangkan, pada pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 akan dihadapkan dengan jumlah surat suara sebanyak 7 lembar.

"Namun kita bisa sedikit lega karena pemerintah dan DPR RI telah menetapkan tanggal dan bulan pelaksanaan pemilu yaitu tahap pertama pada 14 Februari 2024 adalah Pemilu terdiri dari Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/ kota," sebutnya.

Kemudian, tahap kedua pada bulan November 2024 adalah Pilkada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta pemilihan Walikota dan Wakil Walikota.

Dengan pelaksanaan rapat kerja ini lanjut Wabup, bertujuan untuk mengetahui apa-apa saja permasalahan yang ada di tempat tugas baik camat maupun Penghulu baik itu tentang kepemilikan e-KTP, surat keterangan pemilih ganda, jumlah pemilih tetap, penambahan TPS dan masyarakat yang datang menggunakan hak pilihnya.

Namun sebut Wabup, yang paling krusial adalah rendahnya partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS dalam menggunakan hak pilihnya, hal inilah yang menjadi tujuan utama kita membahas dan mencari solusi dan jalan keluarnya dalam mengatasi permasalahan ini sehingga partisipasi pada pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 nantinya bisa meningkat.


"Saya mengharapkan kepada semua camat, lurah dan datuk penghulu agar peduli dan bisa mengkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait," harap Wabup.

Pada kesempatan itu, Wabup juga menghimbau agar petugas pendata itu benar-benar dapat melaksanakan tugas pendataan warganya dengan baik dan kepada kelurahan dan keperluan yang mayoritas warganya suku Tionghoa, Wabup minta agar melibatkan mereka sebagai petugas pendataan agar mereka dapat berkomunikasi dengan baik.

"Karena selama ini kita jarang melibatkan mereka dalam pendataan sehingga mereka juga menjadi apatis untuk mau berpartisipasi dalam setiap pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah," jelasnya.

Wabup juga menekankan agar semua elemen tetap menjaga persatuan dan kesatuan dengan menjalin silaturahmi dengan semua warga masyarakat. Jangan ada lagi pengkotak-kotakan dan perbedaan diantara kita semua masyarakat Rokan Hilir.

"Kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara demokrasi terbesar kedua setelah Amerika serikat, untuk itu mari kita gunakan hak pilih kita dengan baik dan benar pada pemilu maupun Pilkada secara beradab dan bijaksana untuk kemajuan Rohil kedepannya, mari menjadi pelopor demokrasi bagi masyarakat," pungkasnya.



 
Berita Lainnya :
  • Hadapi Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Wabup Rohil Buka Raker Kesiapan Camat, Lurah dan Datuk Penghulu
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Penjabat Wali Kota Pekanbaru Perkuat Sinergi dengan Forum-Forum Mitra Pemerintah
    02 Nelayan yang Hilang di Sungai Indragiri Ditemukan Meninggal Dunia
    03 Kapolda Riau : Beri Tindakan Tegas Untuk Pengedar dan Bandar Narkoba
    04 Pemko Pekanbaru Dukung Event Riau Bhayangkara Run 2024
    05 Pemko Pekanbaru Bangun TPST, Target Kurangi Sampah Hingga 100 Ton
    06 Khitan Massal Gratis Tahap 2 IZI Riau: Anak Dhuafa di Pekanbaru Terima Santunan
    07 Dinkes Pekanbaru Targetkan Capaian PIN Polio 90 Persen
    08 Disdik Klaim Lancar, Kemendikbud Ristek Malah Temukan 4 Pelanggaran Selama PPDB 2024 di Riau
    09 Parkir Gratis di Bhayangkara Run 2024, Kendaraan Tak Tertib Bakal Digembosi Dishub
    10 Pemko Pekanbaru Gelar Sosialisasi dan Bimtek Indeks Inovasi Daerah
    11 Pemko Pekanbaru Bentuk Tim Riksus untuk Tindak ASN Satpol PP Diduga Pungli
    12 Maju Pilkada Inhil, Pj Bupati Herman Mundur
    13 Minyakita Dijual di atas HET, Ini Kata Disperindagkop UKM Riau
    14 Pemko Pekanbaru Gelar Rakor Sukseskan Pelaksanaan Pekan Imunisasi Polio 2024
    15 Begini Kondisi PDAM Tirta Siak dan BPR Pekanbaru Madani Sekarang
    16 KPU Riau Fokuskan Tahapan Pencalonan Pilkada Serentak
    17 Sempat Terdampak Serangan Hacker, Layanan UHC Pekanbaru Sudah Bisa Diakses
    18 Calon Peserta Didik SMP Tak Lulus PPDB Tetap Didata Disdik Pekanbaru
    19 Pemko Overlay 3 Ruas Jalan di Pekanbaru Secara Bertahap
    20 Dua SD Negeri Akan Ditutup, Pemko Pekanbaru Evaluasi Hasil PPDB
    21 Tim Gabungan Bakal Tindak Travel Plat Hitam di Kota Pekanbaru
    22 Sosok Markarius Anwar Bacalon Wakil Agung Nugroho di Pilwako Pekanbaru, Seorang Arsitek
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © sinarnews.co.id