Sabtu, 20 April 2024 | Jam Digital
Home Ekonomi Politik Nasional Regional Hukum Lifestyle Internasional Sport Hiburan Travel Indeks
Follow Us ON :
 
1 Tahun 7 Bulan Pimpin NTB, Ini Deretan Prestasi Jenderal Iqbal
Selasa, 28-12-2021 - 08:34:47 WIB
Irjen Pol M Iqbal
TERKAIT:
   
 

JAKARTA - Irjen Pol M Iqbal memiliki deretan prestasi atau capaian selama 1 tahun 7 bulan menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Iqbal yang dipromosikan menjadi Kapolda Riau, memulai debutnya dengan menggelar Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru (NTB).

Lomba ini merupakan strategi mengimplementasikan program Baharkam Polri, yakni Kampung Tangguh Nusantara (KTN). Lomba ini dimulai pada Jumat 19 Juni, hingga Senin, 9 Oktober 2020.

Baca juga: Carter 17 Penerbangan, DHL Global Forwarding Salurkan Vaksin Covid-19 ke Wilayah Terpencil

Tujuannya kata dia, mengajak masyarakat terlibat aktif dalam upaya melawan Covid-19. "Kami sadar bahwa program intervensi terhadap Covid-19 sebaik apa pun, tidak akan berhasil tanpa partisipasi masyarakat," kata Iqbal, Senin (27/6/2020), seperti yang dilansir dari sindonews.

Peserta lomba adalah seluruh kampung dan desa di Pulau Lombok maupun Sumbawa. Tak hanya masyarakat, kepala desa, bhabinkamtibmas hingga babinsa yang paling berperan dalam mewujudkan ketahanan kesehatan, pangan dan ekonomi di lingkungannya juga masuk kategori lomba.

Dalam lomba ini, peran tiga pilar, yakni kepala desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, ditantang melakukan berbagai inovasi di antaranya membangun sistem pencegahan dan penanggulangan Covid-19, menghidupkan usaha mikro-kecil-menengah (UMKM) serta membudidayakan tanaman pangan serta ikan.

Lomba Kampung Sehat NTB kembali diadakan menjelang WSBK Mandalika. Lomba Jilid II digelar pada 19 Februari hingga 20 Mei 2021. Beberapa bidang yang menjadi indikator pelaksanaan kampung sehat kali ini adalah bidang kesehatan.

Kemudian bidang keamanan dan bidang ekonomi kreatif dengan mengedepankan motivator, fasilitator dan dinamisator dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Iqbal juga mengadakan serangkaian kegiatan vaksinasi massal mulai dari Presisi Goes to Campus (1.000 dosis vaksin per universitas), Batalion Vaksinator, hingga vaksinasi yang berkonsentrasi di Lombok Tengah (Loteng), tempat perhelatan WSBK Mandalika.

Untuk diketahui, vaksinasi 70% populasi warga layak vaksin menjadi syarat tergelarnya WSBK Mandalika. Iqbal juga memutuskan membentuk Batalion P-care yang ditujukan membantu penginputan data warga tervaksin yang kerap bermasalah.

"Strategi percepatan vaksinasi di Lomteng ini banyak sistem door to door sehingga sangat terkendala jaringan, signal. Nah, di Loteng ini tidak bisa real time suntik sekaligus input data," jelasnya.

Pada 5 Oktober 2021, Iqbal menyampaikan persentase vaksinasi dosis 1 di Loteng melampaui 70%. Artinya, daerah tersebut sudah memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah WSBK Mandalika.

"Telah dilakukan rapat validasi data tadi malam (Senin, 4 Oktober 2021). Alhamdulillah vaksinasi di Loteng telah melebihi 70 persen," tutur Iqbal dalam keterangan tertulis, Selasa (5/10/2021).

"Kado terindah pada HUT TNI. Terima kasih banyak atas semua kinerja hebat tim Extraordinary Loteng, Pak Gubernur (Zulkieflimansyah), Pak Danrem 162/WB (Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani), Bu Wagub (Sitti Rohmi), Pak Bupati (HL Pathul Bahri), seluruh nakes dan khususnya warga Loteng yang sadar akan pentingnya vaksin," imbuh Iqbal.

Pekerja rumah Iqbal selanjutnya adalah memastikan WSBK Mandalika berjalan aman dan lancar. WSBK digelar pada 19-21 November 2021. Jenderal bintang dua itu menjelaskan WSBK Mandalika akan dijaga 3.000 aparat gabungan TNI-Polri. Personel keamanan dikerahkan mulai dari terowongan-terowongan hingga perbukitan.

"Seluruh penonton sudah di-screening sejak awal di lima pintu masuk NTB. Tentunya dari dua aspek. Pertama gangguan keamanan, biar kita yakin tidak ada hal-hal yang mengkhawatirkan dari seluruh penonton yang menuju Mandalika," terang Iqbal usai menyaksikan simulasi penanganan ancaman keamanan bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada Rabu (10/11/2021).

Usai rampungnya ajang WSBK, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Riskiyana Sukandhi Putra mengatakan gelaran WSBK menjadi bukti Indonesia mampu mengadakan event internasional dengan prokes ketat.

Di sisi humanisme, Iqbal mendirikan kantor untuk Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) NTB. Kantor seluas 63 meter persegi diresmikan pada Selasa, 1 Desember 2020.

"Sekarang luas kantor 7 x 9. Ya, ada ruang untuk meeting, bersih lagi. Saya tidak begitu mengerti hatinya Pak Kapolda. Mengapa beliau tertarik dengan kami atau bagaimana. Asal muasalnya Bapak Kapolda datang ke tempat kita, dan kita cerita bahwa ini gedung milik Dinas Sosial. Singkat cerita kita tak memiliki gedung," ungkap Ketua PPDI NTB, Barnas Asim.

Dia menceritakan semula PPDI NTB berkantor di lahan seluas hanya 6 meter persegi. Pada satu ketika, Kapolda mendatangi dirinya dan rekan-rekannya dengan alasan silaturahmi.

"Yang jelas beliau memberi dan kita tidak pernah meminta untuk dibangunkan. Tiba tiba beliau datang bawa utusannya dari kepolisan, diminta foto-foto runtuhannya masih ada. Akhirnya perintahkan siapa gitu untuk bangun gedung. Jadi kita tidak pernah minta sebenarnya," terang Asim. *



 
Berita Lainnya :
  • 1 Tahun 7 Bulan Pimpin NTB, Ini Deretan Prestasi Jenderal Iqbal
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pj Wali Kota Pekanbaru Lepas 71 Kafilah MTQ, Harus Juara Umum Tahun Ini
    02 Diguyur Hujan Deras 1 Jam, Jalan Soebrantas Banjir dan Macet Panjang
    03 Pj Wako Pekanbaru Beri Peringatan Agar Jangan Ada Pungli Dalam PPDB
    04 Senin Kembali Masuk Sekolah, Disdik Pekanbaru Minta Guru Tak Tambah Libur Lebaran
    05 PUPR Pekanbaru Mulai Perbaikan Jalan Taman Karya
    06 Arus Mudik dan Balik Lebaran, Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Mencapai 157.480 Orang
    07 Angka Stunting di Pekanbaru Turun, Pj Wako Minta OPD Saling Bersinergi
    08 Pemkab Inhu Buka Festival Pacu Sampan Godang
    09 Disnaker Pekanbaru Sebut Idulfitri Tahun Ini Nihil Pengaduan Pembayaran THR
    10 Pj Walikota Ingatkan OPD Tingkatkan Realisasi Anggaran
    11 Pemko Pekanbaru Tanggung Biaya Domestik Haji
    12 Tunggu Serah Terima, Gedung Riau Creative Hub Diresmikan Mei
    13 DED Sudah Disiapkan, Pemprov Perlebar Jalan Simpang SKA
    14 Pintu Waduk PLTA di Kampar Kembali Dibuka Akibat Curah Hujan Tinggi
    15 Pj Walikota Minta CJH Serius Ikuti Manasik Haji
    16 Pj Wali Kota Silaturahmi dengan Kepala OPD dan Para Kabid Usai Lebaran
    17 Pj Gubri: Pembebasan Lahan Flyover Simpang HR Soebrantas-Garuda Sakti Pekanbaru Diproses
    18 Ratusan ASN dan THL Pemko Pekanbaru Apel Perdana, Pj Wako Soroti Serapan Anggaran
    19 1 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus ALS di Sumbar, 7 Luka Berat
    20 Seperti Anak Sekolah, ASN Pemprov Terlambat Apel Perdana Terkunci di Luar Pagar
    21 ASN Pemko Pekanbaru Jangan Tambah Cuti Lebaran 2024
    22 Besok Semua ASN di Pemprov Riau Wajib Ikut Apel Perdana Usai Libur Lebaran
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © sinarnews.co.id