Selasa, 30 April 2024 | Jam Digital
Home Ekonomi Politik Nasional Regional Hukum Lifestyle Internasional Sport Hiburan Travel Indeks
Follow Us ON :
 
Kapolda Pantau Arus Balik di Riau, Pastikan Mudik-Balik Lancar
Senin, 15-04-2024 - 14:58:39 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal bersama pejabat utama Polda Riau dan instansi terkait memantau langsung arus balik di wilayah perbatasan. Iqbal menilai arus mudik dan balik berjalan lancar serta aman.

Paninjauan langsung dilakukan di Pos Pam OPS Ketupat Lancang Kuning 2024 di pintu masuk gerbang Tol XIII Koto Kampar Desa Tanjung Alai. Dari situ rombongan berlanjut memantau arus balik di Gerbang Tol Sungai Pinang.

"Saya bersama tim, kepala balai, dinas perhubungan darat, Jasa Raharja, HK ditemani Dirlantas, Karo Ops, Kabid Humas dan tim turun melihat langsung. Saya dari Pekanbaru menuju exit tol Tanjung Alai," kata Iqbal, Minggu (14/4/2024).

Seperti biasa saat berkunjung, mantan Kadiv Humas Polri itu selalu mengajak petugas dan pengendara berbincang. Salah satunya menanyakan terkait pelayanan dan kondisi di lapangan.

"Saya berkomunikasi dan Alhamdulillah sampai hari ini semua mesin-mesin bekerja maksimal, polisi sesuai poksinya menjamin kamseltibcar lantas dan penegakan hukum karena Operasi Ketupat ini lebih berorientasi kepada kemanusiaan melalui pelayanan dan inovasi," kata Iqbal.

Iqbal mencatat setidaknya ada 47.565 unit kendaraan melintas di ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang dan Pekanbaru-Dumai selama arus mudik periode 4-10 April 2024. Jumlah itu terbagi dari pemudik yang melintas di exit tol Batin Solapan dan XIII Koto Kampar.

"Artinya arus mudik kemarin kita dapat katakan berjalan dengan baik dan lancar. Hari ini momentum arus balik, jumlah sementara pemudik yang balik dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat melintas Tol Permai dan Pekbang sudah 38.154 pemudik balik terdata," katanya.

Iqbal memastikan personel di lapangan akan terus memberikan pelayanan yang maksimal bersama seluruh stakeholder. Selain itu, Iqbal dan sejumlah instansi yang terlibat Operasi Ketupat Lancang Kuning akan melakukan evaluasi dan monitoring bertahap.

Selain itu, Ditlantas Polda Riau juga telah mencatat daerah rawan kecelakaan dan rawan kemacetan. Khusus daerah itu, tim sudah melakukan pemetaan dan memberi imbauan kepada pengendara.

"Sejak beberapa hari lalu kita terus lakukan monitor dan evaluasi detik per detik. Khususnya pengguna jalan tol karena memang ada peningkatan ke Pekanbaru khushs yang mudik sama wisata. Makanya kita terus patroli dengan memberikan imbauan agar tertib lalu lintas, patuhi kecepatan, gunakan sefety belt dan menyebar anggota," kata Kapolda.

"Dapat kita ketahui bersama, hari ini Minggu 14 April 2024 tepat pada pukul 17.00 WIB dapat saya jelaskan, arus mudik balik lebaran kita prediksi bersama akan ada peningkatan signifikan di malam ini, untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada pemudik, pengamanan dan pengawasan, patroli di wilayah rawan laka tetap kita laksanakan dan kita tingkatkan, tujuannya guna menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan arus balik mudik ini, Personel gabungan yang bertugas siap memberikan pelayanan kepada Pemudik yang melaksanakan balik mudik," tegas Iqbal lagi.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Riau Kombes Taufiq Lukman Nurhidayat memastikan semua personel all out saat operasi digelar. Taufik menginbau pemudik tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan berkendara.

"Kami dari Ditlantas Polda Riau dan jajaran siap memberikan kelancaran aktivitas lalu lintas untuk arus balik lebaran ini. Seluruh personel gabungan yang terlibat dalam OOperasi Ketupat saat ini sudah tergelar dan stasioner di Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos Terpadu yang ada. Selain itu, petugas kita yang ada di Tol Pekbang muapun Tol Permai juga siap memberikan pelayanan kepada Pemudik yang melakukan Perjalanan Balik Mudik ini." terangnya.

"Kami, dari Ditlantas Polda Riau kembali menghimbau kepada seluruh Masyarakat yang melaksanakan Mudik Balik ini Agar mengutamakan keselamatan, bila lelah silahkan istrahat di tempat yang aman, utamakan keselamatan dari pada kecepatan, semoga selamat sampai tujuan," tutupnya, seperti yang dilansir dari detik.(*)



 
Berita Lainnya :
  • Kapolda Pantau Arus Balik di Riau, Pastikan Mudik-Balik Lancar
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemko Pekanbaru Upayakan Pembebasan Lahan Flyover Panam
    02 Disperindag Ingatkan Pengusaha Pergudangan Wajib Kantongi TDG
    03 Pj Wako Pekanbaru Ingatkan ASN Jaga Netralitas Dalam Pilwako 2024
    04 Piala MTQ Riau Diarak Keliling Pekanbaru, Seperti 2006
    05 Pekanbaru Raih Juara Umum di MTQ XLII Provinsi Riau
    06 Akhir Pekan, Beberapa Wilayah di Riau Bakal Diguyur Hujan
    07 Masyarakat Pekanbaru Diimbau Tidak Memberi Uang kepada Gepeng
    08 Tahun Ini Babinsa dan Bhabinkamtibmas Dapat insentif dari Pemko Pekanbaru
    09 Bandara SSK II Pekanbaru Masih Berstatus Bandara Internasional
    10 Pemko Apresiasi Halal Bihalal yang Digelar Polres Pekanbaru
    11 Musim Hujan Diprakirakan Berlangsung Sampai Akhir April
    12 Dua SMPN Baru di Pekanbaru Sudah Bisa Gelar PPDB 2024
    13 Artis Ibukota Bakal Meriahkan Malam Puncak Jambore PKK Tingkat Kota Pekanbaru
    14 Pemko Pekanbaru Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-28
    15 Ketua DWP Pekanbaru Ajak Pengurus dan Anggota Jaga Kekompakan
    16 Jabatan Pj Walikota Berakhir 22 Mei, Sekda Pekanbaru Minta Kinerja ASN Tak Boleh Terpengaruh
    17 Kondisi JPO di Sudirman Pekanbaru Memprihatinkan, Bahayakan Pejalan Kaki
    18 Disdik Pekanbaru Imbau Kegiatan Perpisahan Sekolah Digelar Sederhana
    19 Drainase Jalan Arifin Ahmad Dikeruk, Muflihun : Banyak Sampah Penyebab Banjir
    20 Pj Wali Kota Pekanbaru dan Sekda Ingin Insentif ASN Pulih
    21 Debit Air Turun, Hari Ini PLTA Koto Panjang Tutup 2 Pintu Waduk
    22 Pemko Pekanbaru Gesa Penyerahan Aset Jalan ke Provinsi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © sinarnews.co.id