Beri Kemudahan, Pusat Pelayanan Publik Provinsi Riau Diresmikan
Kamis, 22-06-2023 - 12:49:17 WIB
PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar bersama Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Republik Indonesia, Diah Natalisa meresmikan Pusat Pelayanan Publik Provinsi (P4) Riau. Peresmian P4 Riau berlangsung di Lantai Dasar Gedung Menara Lancang Kuning Komplek Perkantoran Gubernur, Kamis (22/6/2023).
Diah Natalisa mengapresiasi Pusat Pelayanan Publik Provinsi Riau yang mengalami perkembangan sangat pesat. Ia juga menyampaikan bahwa pusat pelayanan publik Provinsi Riau ini merupakan pelayanan yang terbaik karena sudah mendapatkan predikat pelayanan Prima.
"Menurut kami ini sangat-sangat bagus karena memudahkan masyarakat dengan disediakan berbagai fasilitas, ruangan yang nyaman. Jadi tidak hanya pelayanan publiknya yang semakin bagus tapi juga kebahagiaan bagi yang dilayani," terangnya saat diwawancarai.
"Kami sangat bangga, mungkin ini yang pertama Pusat Pelayanan Publik Provinsi di Indonesia, sedangkan Mal Pelayanan Publik ditunjukkan untuk Kabupaten/Kota," tambahnya.
Menurutnya, keberadaan pelayanan publik provinsi di Riau tentunya karena ada komitmen yang sangat tinggi dari pimpinan pemerintah daerah dan didukung oleh stakeholder dengan tujuan memudahkan masyarakat.
"Fasilitas yang sangat baik seperti ini tentunya harapan kita dapat didukung pengguna jasa ataupun investor UMKM dan sebagainya agar menerima layanan yang lebih baik lagi," ujarnya.
Di tempat yang sama, Gubernur Syamsuar menyampaikan bahwa P4 Riau ini sesuai amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Guna mendukung Program Nawacita dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
"Sudah menjadi tugas kita semua selaku aparat pemerintah dan sebenarnya mendapatkan amanah dari Ibu Deputi saat berkunjung tahun 2020 lalu. Dengan adanya masukan-masukan waktu itu, Pemerintah Provinsi berupaya agar pelayanan ini semakin tahun semakin baik," terangnya.
Pusat Pelayanan Publik Provinsi Riau diharapkan dapat meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kualitas pelayanan publik guna menjamin tersedianya pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman.
"Untuk memudahkan masyarakat tentunya kita juga memiliki pelayanan digital. Intinya tidak repot-repotlah mereka (masyarakat) dalam mengurus izin," imbuhnya.
"Saat ini sudah ada beberapa pelayanan yang dilakukan Pusat Pelayanan Publik Provinsi Riau, termasuk Instansi Vertikal yang ada disini, yang ini semua dalam rangka memberikan kemudahan," pungkasnya.(*)
Komentar Anda :